Jenis-jenis Tanaman Hias Dapat Mengacam Kesehatan

Bicara soal kesehatan, banyak usaha telah dilakukan pada kehidupan sehari-hari dalam upaya menjaga kesehatan tubuh dimulai dari mengatur pola makanan, minuman, pola tidur, kegiatan olah raga bahkan pola pengaturan rutinitas sehari-hari.

tetapi sangat disayangkan bahwa tidak sedikit juga yang melenceng dari pola hidup sehat seperti olahraga kurang, makan makanan yang tidak sehat, tidur terlalu berlebihan/kekurangan, dan rutinitas yang melelahkan sehingga beberapa penyakit timbul dengan mudahnya.

Selain pola hidup sehat diatas ada beberapa faktor yang harus diketahui untuk menjaga kesehatan tubuh dan tanpa disadari bahwa tanaman yang tumbuh menjadi tanaman hias ( tanaman lingkungan rumah indah ) juga dapat mengancam kesehatan oleh karena haruslah pandai dalam memilih tanaman hias di lingkungan perumahan kita.

Jenis-jenis tanaman mengancam kesehatan antara lain :

1. Hydrangea
Tanaman Hias Hydrangea
Hydrangea
Hydrangea merupakan tanaman hias bewarna keungu-an yang sangat populer karena disetiap rumah mungkin menanam tanaman ini. Letak indah bunga ini terdapat pada mahkota bunga yang dimiliki besar. Dibalik indahnya, bunga ini memilki racun sianida yang akan berakibat fatal apabila termakan sedikit saja oleh keluarga, anak-anak bahkan peliharaan anda.

2. Lily Of The Valley
Bunga Lily atau bunga bernama latin Lilium sp. Bunga lili bergenus hemerocallis terdapat racun apabila termakan menyebabkan gagal ginjal bahkan kematian.
Lily Of the Valley
Lily Of Valley
selain itu jenis Lily of the valley juga sangat berbahaya karena tanaman ini mengandung racun Convallatoxin. Racun ini apabila termakan atau tertelan dapat mengakibatkan rasa mual luarbiasa, muntah-muntah, gatalpada mulut, serta diare.

3. Dieffenbachia ( Kuping Gajah )
Dieffenbachia ( Kuping Gajah )
Dieffenbachia ( Kuping Gajah )
Dieffenbanchia dikenal dengan sebutan Daun kuping gajah atau disebut juga dengan daun bahagia merupakan salah satu tanaman hias pekarangan rumah terpopuler. Tahukan bahwa daun kuping gajah ini memiliki racun yang dapat menyebabkan kematian, karena dieffenbanchia mengandung senyawa kalisum oksala yang dapat menyebabkan penyakit gatal-gatal hingga kejang pada lidah dan bibir. kandungan oksalat ini terdapat pada getah daun dan batang dieffenbanchia. pada beberapa kasus kejang menyebabkan syok hingga mengganggu saluran pernapasan dan berujung kematian sehingga disarankan agar menjauhi tanaman ini dari jangkauan anak-anak.

4. Nerium Oleander
Nerium Oleander
Nerium Oleander
Nerium Oleander merupakan bunga indah bewarna pink dikenal dengan sebutan Bunga Jepun. dibalik indahnya bunga ini terdapat racun yang berbahaya bagi keluarga apabila menanam di pekarangan rumah terutama berbahaya bagi anak-anak.

Adapun racun pada bunga ini terletak di seluruh bagian tanaman ini mulai dari bunga, rantingnya, tangkai nya dan buahnya. Racun yang terdapat pada tanaman ini berupa nerioside, rosagenin, oleandroside, glycoside dan saponins dimana zat tersebut dapat mengakibatkan denyut jantung melambat hingga dapat mengakibatkan gagal jantung dan sangat dihindari pada bagian getahnya karena apabila kulit terkena getahnya dapat menyebabkan mati rasa.

5. Tanaman Hias Terompet
Tanaman Hias Bunga Terompet
Bunga Terompet
Tanaman Hias Terompet sering dijumpai dibeberapa pekarangan rumah. tanaman yang memilki ciri fisik seperti terompet dan berukuran 2-4 meter tingginya ternyata berbahaya bagi kesehehatan apabila termakan. Racun antropine, alkaloid dan zat menyebabkan halusinasi terdapat pada tanaman ini dapat menyebabkan hilangnya kesadaran diri seseorang yang memakan tanaman hias terompet ini.

6. Bunga Daphne
Bunga Daphne
Bunga Daphne
Bunga ini dikenal juga denga sebutan Tanaman Surga atau Lady Laurel. Indahnya bunga ini tidak sebanding dengan racun yang terdapat didalam seluruh bagian bunga daphne ini dan racun tersebut terpusat di getah dan buah. kandungan racun dapat menyebabkan sakit kepala luar biasa, sakit perut, diarhea dan kegilaan. apabila bunga ini termakan secara berlebihan dapat mengakibatkan koma hingga kematian. adapun Zat racun yang terdapat pada tanaman ini berupa Zat Mezerine dan daphinn.
Nah itu dia beberapa tanaman hias meskipun cantik dan indah tetapi memilki zat beracun yang dapat mengancam kesehatan, bagi anda yang ingin menanam tanaman hias tersebut haruslah berhati hati dan melakukan pengawasan ketat terhadap keluarga terutama anak-anak.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment