Inilah Mengapa Pentingnya Buah Nanas Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Nanas
Buah Nanas
Nanas merupakan salah satu tumbuhan tropis yang berasal dari negara Brazil. Buah nanas memilki rupa yang sangat mudah untuk dikenali dan diingat yaitu berbentuk bulat lonjong, daun berduri, kulit buah bersisik dan daging buah bewarna kuning.

Buah Nanas dikenal juga dengan bahasa latin Ananas comosus (L.) Merr. Selain memiliki rasa yang enak dan menyegarkan buah nanas mengandung kaya akan manfaat buat kesehatan tubuh.

1. Nanas Bermanfaat Menurunkan Berat Badan

Serat Pangan Nanas
Kandungan Serat Pangan Nenas
Manfaat buah nanas yang pertama yaitu sebagai buah penurun berat badan. Tubuh ideal merupakan impian semua orang terutama kaum hawa, maka buah nanas sangat cocok untuk anda yang ingin mendapatkan berat badan ideal karena buah ini mengandung serat pangan yang mana serat ini dikenal juga sebagai serat diet yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan Vitamin C buah nanas
Kandungan Vitamin C Buah Nanas
Mengkonsumsi buah nanas juga sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena ternyata kandungan Vitamin C didalam buah nanas sangat tinggi yaitu sebesar  47.8 mg/100gram, Vitamin C berfungsi membantu melindungi sel tubuh, menjaga kesehatan jaringan ikat dan membantu menyembuhkan luka pada tubuh.

3. Buah Nanas Sebagai Obat Degenerasi Makula

Degenerasi makula adalah penurunan kemampuan memandang lurus kedepan atau biasa juga disebut dengan penurunan penglihatan pusat pandangan. penyakit ini disebabkan oleh faktor usia, keturunan, kebiasaan buruk seperti merokok. Menurut studi dikatakan bahwa banyak mengkonsumsi buah yang memiliki vitamin C, E, A, Zinc dapat mencegah resiko terkena penyakit degenerasi makula yang mana pada buah nanas terkandung vitamin-vitamin ini.

4. Sumber Vitamin Pembentuk Sel Darah Merah

Salah satu penyedia vitamin tembaga adalah buah nanas. tubuh vitamin tembaga merupakan salah satu unsur penting yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah pada tubuh. sel darah merah berfungsi sebagai pembawa haemaglobin ( zat padat yang menyebabkan darah bewarna merah ) dalam sirkulasi darah.

5. Membuat Kulit Tetap Cantik

Kondisi cuaca panas dan meningkatnya polusi udara membuat kulit menjadi kering dan kusam tentu saja hal ini sangat tidak diinginkan karena akan mengurangi kepercayaan diri seseorang. salah satu manfaat buah nanas yaitu membantu merawat kulit dari radiasi sinar matahari dan polusi udara. caranya yaitu dengan memanfaatkan buah nanas sebagai bahan lulur kulit.

6.Mencegah Penyakit Kanker Dan Radikal Bebas

Bromelain merupakan zat yang dipercaya sebagai zat anti kanker, menurut hasil riset QIMR ( Queensland Institute of Medical Research ) pada bromelain terdapat molekul CCS yang berfungsi sebagai penahan protein RAS yang didapati dari 30 % penyakit kanker dan molekul CCZ yang berfungsi sebagai molekul peningkat sitem imun tubuh untuk mengenali dan penghancur sel kanker, dan diketahui bahwa nanas merupakan buah yang kaya akan kandungan bromelain dan mangan. mangan merupakan salah satu kandungan co-factor enzim superoksida desmutase yang merupakan penghambat radikal bebas.

Demikianlah informasi mengapa pentingnya buah nanas untuk kesehatan sehingga jangan ragu untuk mengkonsumsi buah ini setiap hari
Previous
Next Post »
Thanks for your comment